Home » » BUDIDAYA KEONG MAS

BUDIDAYA KEONG MAS



Keong mas, tanpa diduga ternyata merupakan produk yang sangat laris di pasar ekspor seperti Jepang dan Eropa, selain laris manis di Indonesia dan ini mungkin salah satu penyebab kenapa budidaya keong mas kian marak belakangan ini. Di Indonesia sendiri, keong mas biasa dihidangkan salam menu sate keong maupun dimasak dengan bumbu pedas dan ternyata, hewan yang dulu hanya dikenal sebagai hama perusak tanaman ini mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Keong mas mengandung omega 3, 6, serta 9 dan selain itu, hewan yang satu ini juga mengandung protein tinggi. Jika Anda tertarik untuk mengembangbiakkan keong mas baik untuk kepentingan dijual maupun konsumsi pribadi, berikut cara budidaya keong mas yang dapat Anda coba.
Cara pembudidayaannya pun sangat mudah dan sangat murah serta praktis 

Peralatan Yang Perlu disediakan :

1. Buatlah kolam (tanah /tembok/terpal dll)
2.Berikan air pada kolam tersebut, jangan terlalu tunggi, sekitar 5-10 cm
3.masukan tanaman air (sebagai bahan makanan) dan juga ranting kayu (untuk tempat telur)
4.Masukkan keong mas dewasa sesuai ukuran kolam
5.Dalam waktu 2 atau 3 minggu keong mas sudah dapat dimanfaatkan ( atau sesuai ukuran)

Pemilihan Indukan dan Pemberian Makan


Selain cara pembuatan wadah, teknik beternak lain yang wajib Anda kuasai ketika hendak membudidayakan keong mas yaitu teknik memilih indukan. Anda bisa mendapatkan indukan keong mas di empang, persawahan, danau, maupun kali irigasi. Pastikan untuk memilih indukan yang berukuran paling tidak 4 cm karena semakin besar indukan yang Anda ambil, semakin banyak telur yang mampu dihasilkan dan bahkan bisa mencapai ratusan. Hal penting lain dalam cara beternak keong mas yaitu pemberian makan. Pakan keong mas meliputi daun-daunan lunak seperti daun sawi, daun selada, maupun daun eceng gondok dan lain sebagainya. Pastikan untuk memberi makan keong mas Anda 3-4 kali sehari karena jika sampai kekurangan pakan, keong mas bisa mati. Sementara itu, untuk cara ternak keong mas yang baru saja menetas, makananya agak berbeda yaitu alga lumut atau bahan organic yang sudah dihancurkan dengan sangat halus.

Pemanenan Keong Mas


Setelah membudidayakan keong mas untuk rentang waktu yang cukup lama, Anda bisa memanen keong mas Anda dan waktu pemanenan bisa bervariasi karena pertumbuhan keong mas tergantung pada suhu dan jumlah asupan pakan. Dalam memanen keong mas, Anda bisa melakukannya secara keseluruhan maupun secara parsial. Jika Anda memilih untuk memanen keong mas Anda secara parsial, Anda bisa memanen keong yang sudah berukuran besar saja sementara yang masih kecil dibiarkan untuk digunakan sebagai bibit dan dipanen pada kesempatan panen selanjutnya. Satu hal yang penting dalam teknik budidaya keong mas yang wajib Anda ketahui selain cara-cara diatas yaitu Anda tidak boleh memberi garam pada wadah atau kolam keong mas Anda karena keong mas akan mati jika terkena garam.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Tinggalkan Saran Dan Komentar Anda Terus Kunjungi Newslokerlampung.blogspot.com Terima Kasih

0 komentar:

Post a Comment